Ikatan Santri dan Alumni PPMU Banyuputih Kidul (IKSABA) Kecamatan Tanggul Jember menyelenggarakan Reuni dan Haul Akbar Masyayikh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Ahad (13/02/22).

Bertempat di halaman rumah Ustadz M. Husni Mubarak Manggisan Teluk Tanggul, acara Haul Akbar tersebut tidak hanya dihadiri oleh Alumni wilayah Kecamatan Tanggul selaku penyelenggara, tetapi juga dihadiri oleh Perwakilan IKSABA dari Korda, Korcam dan Kordes di Wilayah Kabupaten Jember dan Lumajang bahkan IKSABA Korda Surabaya dan Sampang Madura.

Tampak hadir pula anggota Majelis Keluarga PPMU BAKID, KH. Majdi Ba’its (Pengasuh PPMU Manggisan Tanggul) dan KH. M. Muhsin Ba’its (Pengasuh PPMU Yosorati Sumberbaru).

Acara haul akbar yang dimulai pada jam 09.00 WIB tersebut diisi dengan rangkaian acara Pembacaan surat Yasin, tahlil dan Istighatsah. Kemudian dilanjutkan dengan Halaqah Ilmiah dengan tema “Peran Alumni dalam penguatan Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah dengan menghadirkan narasumber Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, M.Ag.

Dalam paparannya Ketua PCNU Jember ini memulai dengan memaparkan ulasan Ilmiah Ulama’ Kontemporer, Syaikh Dr.
Wahbah Al-Zuhaily seputar masalah “Haul” lengkap dengan dalil-dalinya dengan tujuan untuk lebih memantapkan para peserta yang hadir yang notabebe Alumni PPMU Bakid bahwa apa yang dilaksanakan pada saat itu ada landasan hukumnya bukan sesuatu yang bid’ah seperti tuduhan kaum sebelah.

Pengasuh PP. Darul Arifin Bangsalsari Jember itu juga banyak memaparkan terkaiat wawasan ke-NU-an seperti yang diminta oleh Panitia dan Ketua Yayasan agar nantinya para Alumni tidak terpengaruh dengan faham-faham di luar aswaja NU sekaligus bisa membentengi diri dari Kelompok-kelompok yang mengaku Ahlussunah tapi ajarannya tidak sesuai dengan apa yang sudah gariskan oleh para Muassis NU dan Ulama Pesantren.

Bahkan Gus Aab (sapaan akrab beliau) juga membuka sesi tanya-jawab untuk Para Hadirin agar dapat menanyakan secara langsung terkait fenomena maraknya ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyyah di tengah-tengah masyarakat belakangan ini. (JKF)

By admin

2 thoughts on “IKSABA Tanggul Gelar Haul Akbar dan Halaqah Ilmiah Penguatan Aswaja An-Nahdliyah”
  1. Mudah-mudahan iksaba terus jaya,
    Seperti niat ustadz Syahroni
    DuLu pernah bilang ke saya untuk sekiranya iksaba punya kekuatan hukum hukum,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *